Temu Wicara Bupati Dalam Tajuk Gunungkidul
Membangun di Kalisuci

Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul giat melakukan upaya penyebarluasan informasi kebijakan pembangunan, sekaligus menyerap informasi dan aspirasi dari seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya melalui kegiatan Temu Wicara Bupati Gunungkidul yang akan diselenggarakan hingga 9 putaran pada tahun 2018. Untuk putaran pertama diselenggarakan di pendopo Kalisuci, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Selasa (04/09). Kegiatan ini dipimpin langsung Bupati Hj Badingah, SSos., bersama jajaran kepala OPD terkait.



Di hadapan Bupati, Camat Semanu, Huntoro Purwo Wargono SH MSi  menghaturkan ucapan terima kasih atas perhatian pemerintah kabupaten kepada warga masyarakat Gurisubo, yang di tengah padatnya acara Ibu Bupati masih dapat meluangkan waktunya untuk hadir memberikan bimbingan dan arahan. “Harapan kami dengan kegiatan temu wicara kali ini akan membawa kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat, serta dapat mempercepat mengangkat potensi wisata yang ada di Semanu, yang akan membawa dampak positif yang lebih baik dimasa mendatang”, pungkasnya. Huntoro juga menyampaikan aspirasi mewakili masyarakat terkait Alokasi Dana Desa yang kadang menjadi masalah dan iri, terkait dengan padukuhan desa yang jumlahnya tidak seimbang sehingga kurang dirasakan oleh masyarakat.

Tampak hadir pada kesempatan ini, Kepala DPMPT, Sekretaris Bappeda,  Kepala Bidang Cipta Karya PUPRKP, Kepala Dinas Pariwisata,  Kepala Bidang Pertanaha Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Sekretaris Dinas P3AKBPMD,  Kepala Dinas Kominfo,   Kepala Bidang IKP, beserta jajaran, Camat Semanu beserta unsur Muspika dan tamu undangan.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa pemerintah daerah terus berusaha membangun komunikasi dengan cara turun ke lapangan guna mengetahui kendala apa saja yang dihadapi warga masyarakat, sehingga jika ada kendala agar segera dapat teratasi melalui Organisasi Perangkat Daerah terkait. Bupati memaparkan potensi yang ada di Desa Semanu, mulai dari sektor Pertanian yang menjadi komunitas unggulan di Semanu yaitu Pagi Gogo dan Ketela Pohon hingga potensi Pariwisata yang sekarang sudah Go International sudah masuk Kawasan Geopark Gunungsewu, yaitu Kalisuci, Telaga Jonge, Jlamprong, dan Luweng Jomblang.  Sedangkan dari Sektro Industri, Bupati menjelaskan potensi yang ada supaya lebih dioptimalkan terutama Ibu-Ibu PKK untuk Kerajinan Bambu di Nitikan, Kerajinan batu alam di Ngeposari, dan Kerajinan dari Limbah industri batu di Mojo.



Temu wicara dipandu oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul, Ir Purnamajaya, MUM, dalam menghatarkan temu wicara ini menekankan bahwa acara ini adalah untuk menyampaikan aspirasi masyarakat dan  meningkatkan komunikasi antara pemerintah daerah dan masyarakat

Acara dilanjutkan dengan paparan dan dialog warga dan tokoh masyarakat yang hadir dengan Kepala Organisasi Perangkat Daerah terkait, diantaranya Kepala Desa Semanu,menanyakan Balai budaya sebagai titipan warisan leluhur, harus ada kejelasan regulasi dalam pemeliharaan selain itu untuk Penerangan jalan umum (PJU) di Desa Semanu sudah cukup bagus, tapi masih ada beberapa PJU yang butuh pemeliharaan namun bukan pada titik rawan kecelakaan.

Sumber : http://kominfo.gunungkidulkab.go.id/berita-88/temu-wicara-bupati-dalam-tajuk-gunungkidul-membangun-di-kalisuci.html

Leave a Reply