Pada Tahun ini Kalisuci Cave Tubing mengikuti salah satu lomba Indonesia Sustainable Tourism Award mewakili Kabupaten Gunungkidul yang merupakan penghargaan dari Kementerian Pariwisata untuk destinasi yang telah menerapkan sistem pariwisata berkelanjutan. Kalisuci Cave Tubing Merupakan satu-satunya wakil dari Kabupaten Gunungkidul untuk bersaing dengan 37 destinasi wisata yang ada di Indonesia. Ajang ISTA diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata untuk ketiga kalinya pada tahun ini dan terbuka untuk seluruh pengelola destinasi Pariwisata baik pengelola kawasan, agen travel, penyedia jasa, yayasan, maupun masyarakat lokal.

Di tahun ketiga ini, ISTA 2019 menyiapkan total hadiah Rp1 Miliar. Terbagi dalam Platinum Rp150 juta, Green-Gold Rp75 juta (per kategori), Green-Silver Rp60 juta (per kategori), Green-Bronze Rp50 juta (per kategori), dan Green Rp27,5 juta (per kategori). Kategori penghargaan mencakup; Peringkat Terbaik Umum, Peringkat Terbaik 1, Peringkat Terbaik 2, serta Peringkat Terbaik 3 untuk setiap kategori, yakni kategori Tata kelola, Manfaat Ekonomi, Budaya, dan Lingkungan.

Pada tanggal 5 Agustus 2019 kemarin Kalisuci memaparkan presentasi tentang wisata yang ada di Kalisuci serta pengelolaan yang berlangsung selama ini kepada Tim Asesor yang berjumlah 3 orang. Dengan penilain yang mencakup beberapa aspek :



1.     Membangun dan meningkatkan kesadaran

2.     Memberikan apresiasi untuk destinasi

3.     Mempromosikan destinasi

4.     Mengetahui destinasi yang telah menerapkan prinsip pariwisata berkelanjutan

5.     Meningkatkan daya saing destinasi pariwisata di Indonesia

6.     Memperkuat usaha penerapan pariwisata berkelanjutan

7.   Memberikan jaminan kepada wisatawan tentang praktek destinasi pariwisata berkelanjutan

8.     Membuat database destinasi pariwisata berkelanjutan

9.     Memotivasi stakeholder lain agar menerapkan prinsip pariwisata berkelanjutan

Para Pemenang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) nantinya akan diumumkan pada malam penganugeragan yang berlangsung pada 27 September 2019 dan akan diajukan pada ajang penghargaan serupa di tingkat ASEAN, yaitu ASEAN Sustainable Tourism Award (ASTA).



Leave a Reply